Sharing Folder Dan Printer Pada Jaringan Lokal

TUJUAN PERCOBAAN

Usai menjalani praktikum ini, mahasiswa akan memiliki kemampuan baru yang berharga dalam pengelolaan jaringan lokal (LAN), khususnya dalam Sharing Folder dan Printer. Mereka akan mampu melakukan tindakan penting tersebut, mulai dari berbagi folder hingga printer. Selain itu, mahasiswa juga akan memahami cara membuat folder berbagi serta mengamati bagaimana proses transfer file berlangsung antar komputer yang terhubung dalam jaringan. Praktikum ini tidak hanya membekali mereka dengan keterampilan teknis, tetapi juga menguji kemampuan mereka dalam mencetak dokumen melalui printer yang terhubung dengan komputer lain di jaringan. Dengan menggabungkan pengetahuan dan praktek langsung dalam Sharing Folder dan Printer, mahasiswa akan siap untuk mengelola jaringan dengan lebih efektif dan efisien.

LANDASAN TEORI

Tujuan menghubungkan beberapa komputer dalam suatu jaringan adalah untuk berbagi sumber daya, sehingga pemakaian peralatan seperti Printer, Modem, Scaner, Data Storage serta peralatan pengdukung lainnya menjadi lebih efisien.

SHARING FOLDER DAN PRINTERGambar 5.1 Sharing peralatan pada jaringan komputer

PERALATAN DAN BAHAN

SHARING FOLDER DAN PRINTER

GAMBAR PERCOBAAN

Pertama

    1. Sharing Folder
      1. Buatlah Folder baru yang kan digunakan untuk sharing, sesuai pada tabel kelompok.
      2. Buka Control Panel, pilih Network and Internet dan lanjutkan dengan klik Network and Sharing Center, kemudian pilih Change Advanced Sharing Setting.
        SHARING FOLDER DAN PRINTER
        SHARING FOLDER DAN PRINTERGambar 5.2. Langkah-langkah sharing folder
      3. Ubah semua pengaturan (setting) seperti pada gambar 5.3 untuk mengijinkan komputer lain bisa mengakses komputer ini dan jangan gunakan pilihan password protection sharing agar orang yang mengakses komputer anda tidak perlu lagi melakukan autentifikasi (memasukan username dan password).
        SHARING FOLDER DAN PRINTERGambar 5.3. Setting File and Printer Sharing
      4. Kemudian pilih Save change, kemudian buka windows explorer dan klik kanan folder yang telah dibuat sebelumnya, pilih properties kemudian klik tab Sharing diikuti dengan klik tombol Share.
        Gambar 5.4. Pengaturan Folder Share
      5. Pada menu tersebut drop down, tambahkan user yang diizinkan untuk mengakses folder, pilih Everyone untuk mengijinkan semua user yang terhubung kedalam jaringan dapat mengakses folder tersebut tanpa melalui autenstikasi.
      6. Tambahkan tingkat perizinan pada user Everyone, apakah hanya bisa membaca saja saja (Read) atau user lainnya dapat melakukan perubahan file (Write).
        Gambar 5.5. Pengaturan Tingkat Perizinan
      7. Kemudian klik share dan di ikuti dengan klik tombol done, kemudian akses folder tersebut melalui komputer lain yang terhubung dalam jaringan dan lakukan proses transfer file kemudian amati hasilnya.
      8. Ulangi percobaan tersebut dengan menggunakan autentifikasi (login menggunakan User name dan Password).

Kedua

  1. Sharing Printer
    1. Pasangkan Printer dan jalankan install driver printer, sesuai dengan type printer yang digunakan pada satu komputer yang terhubung dalam jaringan. Ikuti langkah-langkah instalasinya sampai dengan selesai, sehingga pada Devices and Printer telah muncul Logo Printer yang digunakan.
    2. Klik Device and Printer, pilih nama printer yang akan di-share, klik kanan dan kemudian pilih Printer Properties.
      Gambar 5.6 Langkah-langkah Sharing Printer
    3. Pilih Sharing, kemudian pilih Share this printer dan berikan nama pada Share names, sebagai identitas atau menunjukkan lokasi dimana printer tersebut berada.
      Gambar 5.7. Share name pada Sharing Printer
    4. Klik Apply dan kemudian OK, maka Printer tersebut sekarang telah di Share, sehingga komputer lainnya yang tidak terhubung langsung dengan printer tersebut dapat menggunakannya.
    5. Dari komputer yang tidak terhubung secara langsung dengan Printer, klik Start, kemudian pilih Device and Printer, kemudian pilih Add a Printer dan tunggu sampai Share Name Printer di temukan.
      Gambar 5.8. Pengaturan komputer yang tidak terhubung langsung dengan Printer
    6. Jika muncul, lalu klik Next dan tunggu sampai proses identifikasi printer jaringan (Network Printer) selesai.
    7. Lakukan pengujian Share Printer dengan mencetak isi file text dari folder Share kelompok pratikum serta amati hasilnya.
      Gambar 5.9. Proses identifikasi Network Printer

HASIL PERCOBAAN

Setelah komputer terhubung secara LAN dan di-sharing, hasil percobaan Sharing Folder dan Printer memungkinkan pertukaran file antar komputer. Apabila pada sharing printer maka pada komputer tersebut dapat mengakses atau bahkan menginstal isi printer dari komputer yang lainnya.

ANALISA

Antar komputer harus terkoneksi melalui LAN dan harus mempunyai workgroup yang sama agar dapat saling transfer file. Pada sharing data, maupun printer tidaklah mudah. Sering terjadi troubleshooting dalam melakukan sharing ini. Penyebab utamanya adalah ketidakcocokan OS antara PC. Pengaturan keamanan yang rumit juga menyulitkan pengguna.

KESIMPULAN

  1. Pada saat melakukan sharing antar komputer, koneksikan melalui LAN dan harus mempunyai workgroup yang sama.
  2. Folder yang akan Anda sharing perlu Anda atur untuk sharing dan security-nya. Setelah di-sharing, folder tersebut akan muncul dalam “my network places“.
  3. Pada saat sharing menggunakan printer, masing-masing komputer harus di-install menggunakan driver printer tersebut.

Add a Comment

Follow by Email
Pinterest
fb-share-icon
LinkedIn
Share
WhatsApp