Potensi Penyalahgunaan Dana Desa

Analisis Jurnal Ilmiah: Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Kompetensi Akuntansi Terhadap Potensi Penyalahgunaan Dana Desa (Studi Kasus Di Kabupaten Demak)

Potensi Penyalahgunaan Dana Desa

JUDUL : Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Kompetensi Akuntansi Terhadap Potensi Penyalahgunaan Dana Desa (Studi Kasus Di Kabupaten Demak)

OLEH :

Husnurrosyidah

PENULISAN PUSTAKA :

Husnurrosyidah. (2023). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Kompetensi Akuntansi Terhadap Potensi Penyalahgunaan Dana Desa (Studi Kasus Di Kabupaten Demak). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 25(1), 1-14.

RINGKASAN JURNAL ILMIAH:

Artikel ilmiah ini membahas tentang pengaruh sistem informasi akuntansi dan kompetensi akuntansi terhadap kemungkinan terjadi penyalahgunaan dana desa, yang dilakukan di Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Potensi Penyalahgunaan Dana Desa

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi dan kompetensi akuntansi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemungkinan terjadi penyalahgunaan dana desa. Hal ini berarti bahwa semakin baik sistem informasi akuntansi dan kompetensi akuntansi yang dimiliki oleh desa, maka kemungkinan terjadi penyalahgunaan dana desa akan semakin rendah.

Pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap potensi penyalahgunaan dana desa dapat dijelaskan melalui beberapa hal. Pertama, sistem informasi akuntansi yang baik dapat membantu desa dalam mengelola dana desa secara lebih transparan dan akuntabel. Kedua, sistem informasi akuntansi yang baik dapat memudahkan desa dalam melakukan pengawasan terhadap dana desa. Ketiga, sistem informasi akuntansi yang baik dapat membantu desa dalam mendeteksi terjadinya penyalahgunaan dana desa.

Pengaruh kompetensi akuntansi terhadap potensi penyalahgunaan dana desa dapat dijelaskan melalui beberapa hal. Pertama, akuntan yang kompeten akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengelola dana desa. Kedua, akuntan yang kompeten akan memiliki sikap profesional dalam menjalankan tugasnya. Ketiga, akuntan yang kompeten akan memiliki kesadaran untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dana desa.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka kita dapat menyimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi dan kompetensi akuntansi merupakan faktor penting dalam upaya pencegahan penyalahgunaan dana desa. Oleh karena itu, pemerintah desa perlu meningkatkan sistem informasi akuntansi dan kompetensi akuntansi nya.

ANALISIS JURNAL ILMIAH :

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sistem informasi akuntansi dan kompetensi akuntansi terhadap kemungkinan terjadi penyalahgunaan dana desa di Kabupaten Demak.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh desa di Kabupaten Demak, yaitu sebanyak 267 desa. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 100 desa yang terpilih secara acak. Data penelitian bersumber dari pemberian kuesioner kepada perangkat desa yang menangani keuangan desa.

Temuan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi dan kompetensi akuntansi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap potensi penyalahgunaan dana desa. Hal ini berarti bahwa semakin baik sistem informasi akuntansi dan kompetensi akuntansi dalam pemerintahan desa, maka kemungkinan terjadi penyalahgunaan dana desa akan semakin rendah.

Implikasi Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian ini, kita dapat menyimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi dan kompetensi akuntansi merupakan faktor penting dalam upaya pencegahan penyalahgunaan dana desa. Oleh karena itu, pemerintah desa perlu meningkatkan sistem informasi akuntansi dan kompetensi akuntansi nya.

Add a Comment

Follow by Email
Pinterest
fb-share-icon
LinkedIn
Share
WhatsApp