NIK KTP Menjadi NPWP

Tahukah Anda?! Jika di Indonesia NIK KTP (Nomor Induk Kependudukan Kartu Tanda Penduduk) Anda bisa menjadi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) loh…

Sebelum kita mengetahui caranya untuk mengubah NIK KTP Menjadi NPWP, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu NPWP. NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak, yaitu sebuah nomor milik seorang Wajib Pajak untuk sarana dalam administrasi perpajakan sebagai tanda pengenal atau identitas diri dari Wajib Pajak dalam memenuhi hak dan kewajibannya.

Pemerintah Indonesia telah memulai proses penggantian Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dengan Nomor Induk Kependudukan pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) secara bertahap. Menurut informasi dari Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, terdapat sekitar 19 juta NIK yang telah berhasil terintegrasi dan kini dapat berfungsi sebagai pengganti NPWP.

Bagimana Langkah-langkahnya?!

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengubah Nomor Induk Kependudukan pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) :

  1. Langkah Pertama adalah login ke laman DJP Online https://djponline.pajak.go.id/account/login dengan memasukkan NPWP, kata sandi, dan kode keamanan, kemudian klik login.
    NIK KTP Menjadi NPWP
  2. Kemudian, dari menu utama, pilih Profil. Di halaman Profil, akan terlihat status validasi data utama yang bisa berupa “Perlu Dimutakhirkan” atau “Perlu Dikonfirmasi”. Hal itu yang menandakan bahwa Anda perlu melakukan validasi NIK. Pada bagian Data Utama, isi kolom NIK/NPWP16 dengan NIK berjumlah 16 digit dan klik validasi.
    NIK KTP Menjadi NPWP
    NIK KTP Menjadi NPWP
  3. Lalu sistem akan mencoba melakukan validasi data pada Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Jika data yang Anda masukkan valid, akan muncul notifikasi bahwa sistem berhasil menemukan data, dan klik “OK” pada notifikasi tersebut.
  4. Kemudian, silahkan Anda menekan tombol Ubah Profil. Anda juga dapat melengkapi data KLU dan anggota keluarga jika perlu. Setelah data terisi dan tervalidasi, Anda sudah dapat menggunakan NIK KTP untuk login ke DJP Online.

Harapannya dengan mengikuti proses ini, penggantian NIK KTP Anda menjadi NPWP menjadi lebih mudah dan lebih sesuai dengan kebijakan pemerintah. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah secara akurat agar prosesnya berjalan lancar dan efisien. Dengan NPWP yang terintegrasi, aktivitas perpajakan dapat berjalan lebih efektif dan teratur.

2 Comments

Add a Comment

Follow by Email
Pinterest
fb-share-icon
LinkedIn
Share
WhatsApp