Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Keuangan Daerah

Analisis Jurnal Ilmiah : Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah dan Peran Internal Audit terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Kota Banda Aceh)

Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi

JUDUL : Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah dan Peran Internal Audit terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Kota Banda Aceh)

OLEH :

M. Fadli, A.R., dan A.A.

PENULISAN PUSTAKA :

Fadli, M., Rizki, A., & Amalia, A. (2023). Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah dan Peran Internal Audit terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Kota Banda Aceh). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 25(1), 1-14.

RINGKASAN JURNAL ILMIAH :

Artikel ilmiah ini membahas tentang pengaruh pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah dan peran internal audit terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini dilakukan di Pemerintah Kota Banda Aceh, Aceh.

Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah dan peran internal audit secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Artinya bahwa semakin baik pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah dan peran internal audit yang SKPD miliki, maka akan menghasilkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yang semakin tinggi.

Pengaruh pemahaman akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dapat dijelaskan melalui beberapa hal. Pertama, akuntan yang memiliki pemahaman akuntansi yang baik akan memiliki kemampuan untuk menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan. Kedua, akuntan yang memiliki pemahaman akuntansi yang baik akan memiliki kemampuan untuk mendeteksi terjadinya kesalahan atau kecurangan dalam laporan keuangan.

Pengaruh pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dapat dijelaskan melalui beberapa hal. Pertama, sistem informasi akuntansi keuangan daerah yang baik dapat membantu SKPD dalam menyusun laporan keuangan secara lebih akurat dan efisien. Kedua, sistem informasi akuntansi keuangan daerah yang baik dapat membantu SKPD dalam memantau dan mengendalikan keuangan daerah.

Pengaruh peran internal audit

Sedangkan, pengaruh peran internal audit terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dapat dijelaskan melalui beberapa hal. Pertama, internal audit yang efektif dapat membantu SKPD dalam mendeteksi terjadinya kesalahan atau kecurangan dalam laporan keuangan. Kedua, internal audit yang efektif dapat membantu SKPD dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan daerah.

Berdasarkan hasil penelitian ini, kesimpulannya bahwa pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah dan peran internal audit merupakan faktor penting dalam upaya meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Oleh karena itu, pemerintah daerah perlu meningkatkan pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah dan peran internal audit daerahnya.

ANALISIS JURNAL ILMIAH :

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah dan peran internal audit terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemerintah Kota Banda Aceh, yaitu sebanyak 14 SKPD. Kemudian, Sampel penelitian ini adalah memilih sebanyak 10 SKPD yang secara acak. Data penelitian bersumber dari pemberian kuesioner kepada pengelola keuangan SKPD.

Temuan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Begitu pula pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah dan peran internal audit daerahnya. Artinya, semakin baik pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah dan peran internal audit yang SKPD miliki, maka mengahsilkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yang semakin tinggi.

Implikasi Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa pemahaman akuntansi merupakan faktor penting dalam upaya meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Selain itu, faktor penting lainnya adalah pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah dan peran internal audit. Oleh karena itu, pemerintah daerah perlu meningkatkan pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah dan peran internal auditnya.

Add a Comment

Follow by Email
Pinterest
fb-share-icon
LinkedIn
Share
WhatsApp