Transformasi Batik Demak: RPA & AI

Berikut ini adalah sebuah karya tulis ilmiah berjudul “TRANSFORMASI INDUSTRI BATIK DEMAK MELALUI PEMANFAATAN ROBOTIC PROCESS AUTOMATION (RPA) DAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)” oleh Hanif Nurcahyo Abdi

ABSTRAK

Penelitian ini menggali potensi penerapan Robotic Process Automation (RPA) dan Artificial Intelligence (AI) dalam industri batik Demak dengan fokus pada Batik Demak’an Tyo Collection sebagai studi kasus. Industri batik Demak memiliki peran krusial dalam mengangkat kekayaan budaya dan ekonomi lokal. Namun, tantangan baru dalam era digital mengharuskan transformasi industri ini melalui teknologi canggih. Hasil analisis menunjukkan bahwa RPA dapat digunakan dalam manajemen pesanan pelanggan dan stok bahan baku, sementara AI dapat menghasilkan inovasi dalam desain batik. Implementasi teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi produksi, mengurangi biaya, dan meningkatkan daya saing produk. Kendala yang mungkin termasuk biaya awal dan pelatihan karyawan. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk mengadopsi teknologi ini dalam industri batik Demak dengan perencanaan yang baik, pelatihan karyawan, dan kerjasama industri.

Kata Kunci: Industri Batik Demak, Robotic Process Automation (RPA), Artificial Intelligence (AI), Efisiensi Produksi, Inovasi Desain.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Masalah

Industri batik di Demak memiliki peran penting dalam mengangkat kekayaan budaya dan ekonomi lokal. Demak, sebagai salah satu pusat produksi batik tradisional di Indonesia, telah lama mempertahankan tradisi ini, menghasilkan karya seni tekstil yang khas dan mempesona. Namun, dalam era digital yang berkembang pesat, tantangan baru muncul, yang mengharuskan industri batik Demak untuk bertransformasi. Transformasi ini melibatkan pemanfaatan teknologi canggih, seperti Robotic Process Automation (RPA) dan Artificial Intelligence (AI), untuk mengoptimalkan proses produksi dan menghadirkan inovasi yang lebih besar dalam desain batik. Sebagaimana perubahan teknologi terus berlanjut, penelitian ini menggali potensi aplikasi RPA dan AI dalam industri batik Demak dengan fokus pada Batik Demak’an Tyo Collection sebagai studi kasus.

Industri batik merupakan bagian tak terpisahkan dari identitas kultural Demak, yang melibatkan berbagai unsur tradisional dan sejarah yang telah dilestarikan selama berabad-abad. Kendati demikian, berbagai kendala, seperti meningkatnya persaingan, biaya produksi, dan tuntutan pelanggan yang semakin tinggi, telah menjadi tantangan dalam menjaga kelangsungan industri ini. Sebagai hasilnya, para pemangku kepentingan industri batik Demak mencari cara untuk menjawab tantangan tersebut dan menjaga relevansi industri ini dalam ekonomi modern. Oleh karena itu, penelitian ini akan menjelajahi potensi RPA dan AI sebagai solusi teknologi yang dapat membantu mencapai tujuan transformasi ini.

Dalam rangka merumuskan strategi yang efektif dan solusi yang berkelanjutan untuk transformasi industri batik Demak, penelitian ini akan menggabungkan temuan dari studi literatur terbaru. Yaitu wawancara dengan pemilik dan staf Batik Demak’an Tyo Collection, serta survei pelanggan. Dengan demikian, diharapkan bahwa penelitian ini akan memberikan wawasan yang berharga untuk mendukung pengembangan industri batik Demak melalui pemanfaatan teknologi RPA dan AI.

1.2.Rumusan Masalah

Penelitian ini menghadapi sejumlah permasalahan yang memerlukan solusi untuk memahami potensi pemanfaatan teknologi RPA dan AI dalam industri batik Demak. Permasalahan utama yang menjadi fokus penelitian adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana potensi penerapan teknologi Robotic Process Automation (RPA) dalam industri batik Demak. Khususnya di Batik Demak’an Tyo Collection, dan apa dampaknya terhadap efisiensi proses produksi?
  2. Bagaimana potensi penerapan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam industri batik Demak. Terutama dalam aspek pengembangan desain batik, dan bagaimana teknologi ini dapat meningkatkan inovasi dalam desain?
  3. Apa kendala utama yang mungkin muncul dalam mengadopsi teknologi RPA dan AI dalam industri batik Demak. Dan bagaimana solusi untuk menghadapi kendala-kendala ini?

1.3.Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mencapai beberapa tujuan utama, yaitu:

  1. Mengidentifikasi potensi penerapan teknologi Robotic Process Automation (RPA) dalam industri batik Demak. Dengan fokus pada efisiensi proses produksi di Batik Demak’an Tyo Collection.
  2. Mengidentifikasi potensi penerapan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam industri batik Demak. Khususnya dalam pengembangan desain batik, untuk meningkatkan inovasi dalam desain.
  3. Menganalisis kendala-kendala yang mungkin timbul dalam mengadopsi teknologi RPA dan AI dalam industri batik Demak. Dan merumuskan rekomendasi untuk mengatasi kendala tersebut.

Dengan mencapai tujuan-tujuan ini, harapannya penelitian ini dapat memberikan pandangan yang lebih komprehensif tentang potensi transformasi industri batik Demak. Tentunya melalui pemanfaatan teknologi RPA dan AI, serta memberikan rekomendasi yang berguna bagi pemangku kepentingan industri batik.

Untuk KTI selengkapnya download di sini

Gambar Penelitian

Transformasi Batik Demak: RPA & AIGambar 1. Beberapa Penghargaan Batik Demak’an Tyo Collection
Sumber: https://batik-tyo-collection.business.site/#summary
Gambar 1. Beberapa Contoh Produk Batik Demak’an Tyo Collection
Sumber: https://batik-tyo-collection.business.site/#summary

Add a Comment

Follow by Email
Pinterest
fb-share-icon
LinkedIn
Share
WhatsApp